Blogs

Mobal; 4 sebab anak stres di pembelajaran daring

Virus corona menyebabkan terhentinya pembelajaran di sekolah. Sudah lumayan berasa liburan di rumah tanpa harus bingung liburan. Virus ini memberikan pengertian harus belajar dimanapun. dengan adanya lockdown pada jam pelajaran.

Guru yang seharusnya mengajar di kelas berubah dengan pembelajaran daring. Pembelajaran yang dilakukan jarak jauh. Artinya pembelajaran tidak harus di kelas dan tidak harus ketemu. Namun apakah pembelajaran jarak jauh ini akan jadi solusi untuk pembelajaran tanpa harus bertemu. Banyak keluhan yang diungkap oleh pasa siswa dan para orang tua. Berikut, kumpulan sebab siswa dan orang tua sempat buat mereka stress.

keluhan anak stres di pembelajaran daring

1. Home learning sama dengan tugas di rumah

Pada awal munculnya kabar kalau siswa harus libur. Kebahagiaan mulai terpancar. Namun itu tidak akan lama. Siswa yang sudah ada angan-angan dengan rencana. semua harapan akan sirna dengan dampak virus covid-19.
Home learning adalah belajar di rumah. yang artinya siswa disarankan untuk belajar dirumah. karena memang tugas siswa adalah belajar. Namun kali ini dirasa salah paham pengertian Home learning. Belajar dirumah dengan tujuan siswa tidak kehilangan semangat belajar saat kembali ke sekolah.
Pada kenyataanya siswa sudah dibebani tugas yang menumpuk. Mulai Tugas online, Virtual class dan vlog video sampai foto kehadiran.

2. Tugas siswa yang menumpuk

Tugas menumpuk. Siswa yang biasanya di sekolah belajar dengan aturan waktu yang sudah diatur. Kali ini berubah waktu jam pelajaran yang berpindah di rumah masing masing.
setiap guru memberikan tugas pada siswa. terlebih lagi pasti ada beberapa guru yang memberikan soal yang siswa belum pernah mendapatkan materi. yang pada akhirnya siswa yang harus lebih kreatif untuk browsing ke video belajar yang bukan gurunya.

3. Tanpa ada ketentuan aturan

Semenjak diberitakan libur karena adanya wabah virus corona. Guru memberikan tugasnya masing-masing. Tugas pun berbeda beda dalam setiap guru. tidak ada acuan harus menggunakan akses yang mana. setiap guru punya cara sendiri untuk mengajarkanya. Itu semua tergantung pada guru masing masing. tidak tersusun.
Perlakuan seperti ini sepertinya Kemdikbud dan Dinas-dinas Pendidikan seakan tidak melakukan edukasi terlebih dahulu kepada para guru dan sekolah ketika ada kebijakan belajar di rumah selama virus corona.  Ketua KPAI; menyayangkan kalau sudah ada persiapan semestinya tidak terjadi penumpukan  tugas yang justru memberatkan anak-anak. dai juga mengungkap bahwa semestinya ada petunjuk teknis dan juklak petunjuk pelaksaan seperti apa belajar di rumah dengan metode daring.

4. Boros kuota internet

Kali ini adalah keluhan orang tua yang mengeluh karena bertambahnya uang tambahan untuk melakukan belajar online atau sistem daring. Siswa yang biasa menggunakan HP untuk berkomunikasi dan main game. Namun akan bertambahnya biaya kuota internet yang harus dibiayai untuk melakukan proses belajar dan mengumpulkan tugas.

Kesimpulan

Virus corona ini mampu melumpuhkan sistem belajar siswa. Dari diantara empat poin tersebut adalah keluhan orang tuandan siswa disaat terserangnya wabah virus corona. Dengan adanya kejadian seperti ini membawa dampak pada orang tua untuk tahu bahwa jadi seorang guru itu bukan pekerjaan yang biasa. Orang tua yang sebagai pengganti sementara mendampingi siswa belajar merasa stres. Semoga wabah virus covid-19 ini segera selesai.

Cuma 5 menit cara mudah buat soal google form dengan HP

Virus Covid-19 yang biasa disebut Corona membawa dampak sekolah untuk menjaga jarak satu sama lain. Akibatnya siswa diwajibkan untuk mengerjakan soal dan tugas dari rumah tanpa harus pergi ke sekolah. Pendidikan sekolah dengan adanya wabah corona ini menuntut guru untuk mengajarkan pelajaran dengan jarak jauh atau daring.

Google form merupakan alat untuk membuat soal yang sangat mudah. Hanya 5 menit saja Guru bisa membuat soal.

Guru bisa membuat soal bukan saja satu jenis soal. Melainkan terdapat pilihan ganda, essay jawaban singkat, jawaban paragraf panjang. Jadi modifikasi soal tidak selalu pada satu jenis soal. Pembuat soal bisa mengisikan dengan kombinasi pilihan ganda dengan jawaban essay. Lebih dari itu guru bisa menambahkan gambar, video dan media lainya.

  1. Buka Lembaran baru

    Langkah pertama untuk memulai anda harus membuka web google form. seetelah itu

  2. Lengkapi Data siswa

    Langkah kedua ini bertujuan untuk memberikan data pribadi dari siswa. Banyak para bapak ibu guru yang terlalu asyik. Hingga lupa memberi kolom data diri siswa. Sehingga murid setelah mengumpulkan tugasnya. Guru tidak mengenali hasil kerjaan siswanya. Jadi data diri atau profil siswa ini sangatlah penting.
    1. Jenis soal pelajaran. dalam contoh pada gambar diberikan contoh Latihan soal bahasa Inggris. namun guru yang lain bisa mengganti pelajaran lainya. mungkin IPA atau IPS dan lain lain.
    2. Ubah jenis pertanyaan. Guru bisa memilih jenis pertanyaan yang tersedia. Pengajar bisa membuat jawaban singkat (Short answer), Paragraph, dan Pilihan ganda (Multiple choice).
    3. Lengkapi pertanyaan yang akan dijawab siswa. Pastikan pertanyaan sesuai dengan jenis pertanyaan yang anda pilih. Apabila anda memilih jawaban singkat, artinya anda tidak harus memenuhi jawaban pilihan. berbeda dengan jika anda memilih pilihan ganda. Guru harus memberikan pilihan ganda untuk distraksi atau pengecoh siswa untuk berfikir.

  3. Pilih jenis soal

    Pilihan jenis soal pada google form ini mempunyai banyak varian. Ini memberi kesempatan pengajar untuk semakin kreatif. berikut langkah memilih jenis soal.

    1. Jenis soal pelajaran. dalam contoh pada gambar diberikan contoh Latihan soal bahasa Inggris. namun guru yang lain bisa mengganti pelajaran lainya. mungkin IPA atau IPS dan lain lain.
    2. Ubah jenis pertanyaan. Guru bisa memilih jenis pertanyaan yang tersedia. Pengajar bisa membuat jawaban singkat (Short answer), Paragraph, dan Pilihan ganda (Multiple choice).
    3. Lengkapi pertanyaan yang akan dijawab siswa. Pastikan pertanyaan sesuai dengan jenis pertanyaan yang anda pilih. Apabila anda memilih jawaban singkat, artinya anda tidak harus memenuhi jawaban pilihan. berbeda dengan jika anda memilih pilihan ganda. Guru harus memberikan pilihan ganda untuk distraksi atau pengecoh siswa untuk berfikir.
    4. Jumlah Soal. Guru bisa memilih sebanyak banyaknya soal. Pengajar bisa membuaat kebebasan sebanyak berapa soal yang harus dikerjakan siswanya. Berikut contoh soal yang telah dibuat.
    4.

  4. Klik Send

    Langkah selanjutnya setelah membuat soal. Kita lanjut untuk menuju halaman ke paling atas. disana anda melihat pilihan “SEND”.

  5. Salin link dan sebarkan ke siswa

    Setelah menyelesaikan pembuatan soal. ini belum selesai. Kita lanjut ke link yang harus disebarkan. Pada gambar di bawah ini, pada nomor 1. Pilih sebarkan soal dengan cara sebar link.
    lalu, pada nomor 2 adalah alamat link yang seharusnya Guru simpan. Pada nomor 3 pilih tulisan Copy link tersebut. dan sebarkan lewat group Whatsapp atau group instagram.

Sebarkan ke teman teman jika merasa artikel ini bermanfaat. dan kunjungi Blog ultra untuk info dan tempat belajar untuk memperkaya ilmu anda.

Kekurangan tenaga kerja akan persulit ekonomi

Kekurangan tenaga kerja akan persulit ekonomi

Kebutuhan tenaga kerja profesional
Kebutuhan tenaga kerja profesional

Hubungan pemerintah Indonesia dengan negara Jerman semakin bagus. Pembahasan serius mengarah pada kekurangan tenaga kerja berkualitas. Kunjungan Mendikbud yang pernah dibahas sebelumnya.

Tenaga kerja profesional sangat dibutuhkan untuk saat ini. Jerman membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi perekonomian Jerman. Merkel peringatkan kekurangan tenaga kerja profesional akan persulit ekonomi negara.

Siapa itu Merkel ?

Angela Merkel. Dia adalah Kanselir Jerman saat ini. Kanselir adalah pimpinan tertinggi di Jerman. Dia menjabat sejak 2005 hingga saat ini. selain itu dia juga sebagai politikus dan peneliti.

Pekerja luar Eropa

Kanselir Jerman menanggapi tenaga terampil memang benar sangat dibutuhkan. Dia mengingatkan bahwa kekurangan tenaga yang terampil di negara Jerman. Demikian menyebabkan yang pada akhirnya terpaksa untuk pindah ke nagara lain.

Daya tampung pekerja saat ini sedang dicari. Kanselir mengungkap bahwa Kami tahu bahwa banyak sektor dan bisnis mencari pekerja terampil. Tanpa pekerja terampil yang memadai, lokasi bisnis bisa gagal. Itulah mengapa penting bagi kita untuk melakukan segala upaya guna merekrut spesialis dalam jumlah memadai. Jika tidak, perusahaan harus bermigrasi – dan, tentu saja, kita tidak menginginkan itu.

Jerman sedang mengatasi kekurangan tenaga kerja profesional di dalam negeri. Mereka rela memberikan pelatihan yang baik.

Kota besar Berlin yang utama mengatasi kekurangan dengan merekrut tenaga kerja dari negara-negara yang bukan Uni Eropa.

Dukungan dari Kanselir Jerman. Berlakunya Undang-Undang Keimigrasian Pekerja profesional yang baru. Mulai berlaku pada 1 Maret 2020.

Undang -undang Imigrasi bertujuan untuk memudahkan pekerja terampil dari negara-negara bukan negara Eropa untuk datang dan bekerja di Jerman.

Kekurangan tenaga kerja profesional

Jerman butuh tenaga kerja profesioal. Menteri Tenaga Kerja Jerman Hubertus Heil mengatakan di harian Augsburger Allgemeine bahwa dorongan perekrutan “bukan berarti imigrasi yang tidak terkendali, melainkan tentang orang-orang berkualitas yang kita butuhkan sehingga ekonomi negara kita dapat tetap kuat di masa depan.”

semua kantor dan badan dan perwakilan pemerintahan akan diimbau untuk mempercepat proses izin dan visa kerja. proses tersebut dilarang mempersulit dengan alasan apapun. selain itu proses akan diawasi.

Kekurangan tenaga kerja butuh kemampuan bahasa.

Disebutkan pula bahwa pelatihan bahasa Jerman harus diperluas ke luar negeri, sehingga calon pekerja terampil dapat menyelesaikan kursus bahasa asing di negara asal mereka.

Jerman sangat membutuhkan tenaga kesehatan, pekerja perawat lansia, insinyur listrik, pekerja logam, insinyur mekatronik, juru masak, ilmuwan komputer, dan pengembang piranti lunak.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa