Home and Away ; jalan menuju Jerman

Home and Away. Program yang dibentuk dari Ultraedu untuk membantu anak anak Indonesia memberikan jalan akses untuk belajar di luar Negri. Dengan tujuan Jerman. Kegiatan belajar yang dikemas seperti pertukaran kebudayaan untuk mempelajari bahasa asing. Selain bisa jalan jalan di Jerman. Kamu bisa dapatkan uang saku setiap bulan. Mempunyai keluarga baru dan teman baru di Jerman. Dengan tingkat keamanan yang terjamin tingkat kenegaraan.

Apa yang dimaksud Home and Away

Pernahkan kamu berfikir bahwa bahasa asing di luar negri bukan hanya bahasa Inggris ! Namun apakah kamu kamu percaya semua orang luar negri menggunakan bahasa Inggris meskipun termasuk bahasa Internasional !

Kenyataanya tidak. Bahkan banyak negara Eropa yang tidak menggunakan bahasa Inggris. Mereka mempunyai bahasa sendiri dalam komunikasi keseharianya. Seperti negara Jerman, Perancis, Belanda, Yunani, dan Italy.

Namun bagaimana jika kamu ingin pergi ke Eropa yang salah satu negara jarang sekali orang yang berkominiakasi dalam bahasa Inggris. Misalnya Jerman. Warga asli Jerman selalu  menggunakan bahasa jerman untuk komunikasi.

Nah, saat ini apakah bahasa Inggris penting untuk pergi ke Jerman? Tidak juga. Untuk belajar di Jerman kamu tidak perlu mahir dalam bahasa Inggris. Namun kemampuan yang kamu butuhkan adalah  bahasa Jerman. Kemampuan bahasa jerman ini sangat penting dalam kegiatan apapun di jerman.

Jika kamu sudah mahir dalam bahasa Inggris, itu sebagai nilai tambah buat kamu. Tidak ada ilmu yang tidak berguna jika sudah kamu pelajari. Itu bisa jadi nilai tambah buat keahlian bahasanmu.

Apa sih “Home and Away ?

Sesuai Namanya dalam istilah sepak bola. Home yang punya arti “kandang / tuan rumah” dan Away yang artinya “tamu” . Sehingga program belajar yang akan dilakukan ini akan sebagai tamu di negara asing yang sebagai keluarga dari “home” tuan rumah yang akan sebagai keluarga angkat. Kamu bisa mempelajari sesuatu yang baru. Program ini sama seperti Au-pair.

Pemahaman Au-pair yang mempuanyai arti “timbal balik”. Kegiatan belajar di luar negri dengan tujuan peningkatan bahasa dan pertukaran budaya yang dikemas dalam kehidupan sehari hari.

Keuntungan yang akan didapat.

Kamu akan tinggal bersama dengan orang tua angkat kamu. Kamu juga akan dianggap sebagai anak angkat dari negara asing. Keuntungan dalam kegiatan ini kamu mendapatkan kemudahan dalam biaya hidup yang sudah ditanggung oleh keluarga angkat, kamar pribadi sebagai tempat tinggal kamu secara gratis. Lebih dari itu, kamu juga akan diberi uang saku untuk keperluan pribadimu. Kelebihan lain kamu bisa mendapatkan pengalaman jalan jalan di Jerman. Dalam perbincangan jangka panjang. Kamu juga memperdalam kemampuan bahasa Jerman kamu untuk persiapan Studienkollege jika kamu ingin melanjutkan kuliah di Jerman.

Apa yang harus dilakukan.

Konsep pembelajaran ini dikemas dalam system pencocokan keluarga. Kamu yang sudah diberi keuntungan sebegitu banyak. Apa yang bisa kamu lakukan untuk keluarga angkat. Apa yang bisa kamu berikan sebagai timbal balik kamu untuk keluarga angkat kamu.

Kamu bisa lakukan kegiatan yang cocok sebagai timbal balik kamu saat di jerman. Kamu diminta untuk melakukan kegiatan pekerjaan ringan dan juga bantu mengurus keperluan anak dari keluarga angkat.

Pekerjaan ringan rumah tangga semisal membersihkan kamar dan kebersihan rumah tangga. Selain itu kamu bantu keluarga angkat dengan mengurus keperluan anak seperti membuatkan sarapan untuk anak. Hanya saja sarapan anak dan sarapanmu sendiri. Dan juga mengantar anak ke sekolah. Hanya kegiatan simple seperti itu. Semudah itu kamu bisa lakukan sebagai timbal balik dengan keluarga angkat.

Fasilitas

secara umumnya karena kamu dianggap keluarga baru yang memberi warna dalam keluarga mereka. Kamu juga mendapatkan fasilitas serba gratis yang ada seisi rumah. Kamu bisa gunakan mesin cuci piring dan mesin cuci laundry uuntuk kebutuhanmu. Selain timpat tinggal gratis dan makan gratis yang diberi uang saku juga. Manfaatkan juga fasilitas komunikasi keluarga angkat untuk perkembangan bahasa asing yang sedang kamu pelajari saat ini.

Mindset Home and Away.

Kamu tinggal dengan keluarga angkat sebagai seorang pelajar yang membantu memberikan warna keakraban keluarga. Kamu dianggap sebagai kakak tertua dari anak-anak keluarga angkat. Sehingga kamu patutu dicontoh dalam kegiatan dan perilaku mereka.

Dengan membawa nama gelar negara, kamu juga dianggap warga negara yang baik dan santun.

Program ini apakah seperti pembantu? Bukan serang pembantu dan pengasuh bayi. Kamu bisa makan bersama dengan keluarga angkat dalam satu meja. Fasilitas tempat tidur dan kewajiban spesial untuk keperluan anak sebagai timbal balik kebaikan yang bisa kamu lakukan.

Berbeda dengan perlakuan pembantu disana. Pembantu adalah pekerja yang punya kewajiban jam kerja dan upah pekerja. Ada yang beranggapan bahwa program ini adalah TKI, Pembantu rumah tangga atau baby sitter. Namun dalam kenyataanya Ultraedu agen yang bantu memberangkatkan siswa ke Jerman.

Banyak yang mengikuti program ini yang akhirnya bisa memberikan uang tabungan ke orang tua aslinya. Wawasan dan pengalaman tinggal dengan orang asing memberikan nuansa pribadi mandiri yang lebih dewasa. Kemauan dan ketekunan merupakan kunci kesempatan. Awali persiapanmu dengan belajar bahasa.

1 thought on “Home and Away ; jalan menuju Jerman”

  1. Pingback: 13 alasan kamu harus mendaftar Ausbildung - ULTRA SURABAYA

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *