Kenapa insentif Prakerja gagal

Pencairan insentif kartu prakerja anti gagal cair

Kartu Prakerja. Program pemerintah untuk memberikan wadah untuk warga Indonesia lahan pekerjaan. Bentuk program berupa bantuan pelatihan dan insentif bagi para pekerja buruh yang dirumahkan. Selain itu pencairan insentif kartu prakerja juga berlaku untuk pencari kerja. Dan juga untuk pelaku usaha mikro dan kecil juga diberi kesempatan dalam hal itu. Bagi masyarakat yang terdampak kehilangan pekerjaan dibolehkan ikut serta. Para pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi juga bisa mengikuti.

Tujuan kartu prakerja

Program kartu prakerja ini mempunyai tujuan  diantaranya

  1. Mengembangkan kompetensi angkatan kerja
  2. Meningkatkan produktifitas dan daya saing angkatan kerja
  3. Mengembangkan kewirausahaan

Untuk mengikuti proram ini sangat mudah. Persyaratan yang digunakan diantaranya usia diatas 18 tahun. Dan tidak sedang menjalani masa sekolah. Yang artinya pastikan kamu sudah lulus dalam masawajib belajar. Masa wajib belajar yang dimaksud adalah lulus tingkat SD, SMP dan SMA. Setelah itu kamu bisa mengikuti. Untuk mengikuti semua sudah terlampir di prakerja.go.id

Keuntungan pencairan insentif kartu prakerja

Kamu bisa mendapatkan kartu prakerja. Kamu akan mendapatkan bantuan berupa pelatihan dan pembekalan kompetensi kerja. Selain itu pelatihan kewirausahaan juga mendapatkan insentif. Setiap penerima kartu prakerja akan mendapatkan manfaat berupa paket manfaat dengan total nilai Rp. 3.550.000 yang terdiri diantaranya :

  1. Bantuan untuk biaya pelatihan Rp. 1.000.000 di mitra pelatihan kerja. Seperti di SISNAKER
  2. Insentif yang akan ditransfer ke ATM rekening Bank peserta atau dengan e-wallet seperti LinkAja, OVO atau GoPay.
    1. Insentif akan diberikan saat penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp. 600.000 setiap bulan selama 4 kali.
    1. Insentif berikutnya untuk pengisian survey evaluasi Rp. 50.000 setiap bulan selama 3 kali.

Informasi dan pedoman kartu prakerja sudah ditetapkan dengan regulasi pemerintah. Sesuai dengan  Perpres No. 76 Tahun 2020.

Baca : Lowongan kerja di Jerman 2020

Penyebab kegagalan pencairan insentif kartu prakerja

Peserta prakerja masih banyak kebingungan. Keluhan peserta mengenai insentif yang seharusnya diterima sekitar bulan September belum bisa menerima.

Insentif yang dikeluarkan dinyatakan bermasalah. Dikutip dari berbagai sumber. Penyebab gagalnya insentif  diantaranya :

Upgrade E-wallet.

Peserta belum menyadari persyaratan yang harus melakukan upgrade E-wallet termasuk OVO, LinkAja dan GoPay. Dan pastikan data yang diinput di e-wallet dengan prakerja.

Rating

Permintaan request rating di Lembaga pelatihan. Jika kamu setelah melaksanakan pelatihan. Kamu diminta untuk memberi nilai atau rating.

Sistem

Kegagalan pada sistem ini seharusnya kamu bersabar. Kamu perlu konfirmasi dan cek berkala. Ini merupakan proses memuat halaman sistem yang diperbarui. Cukup cek di dashboard beberapa menit.

Nama tidak valid

Terkadang penggunaan E-wallet untuk bersama. Dan ini diminta untuk melakukan secara pribadi. Yang artinya peserta wajib menggunakan data dirinya sendiri. Bukan adik atau nama saudara. Rekening E-Wallet tidak boleh diatasnamakan orang lain.

Metode pencairan

Kamu sebaikanya tidak merubah e-wallet dalam tujuh hari setelah diproses. Metode pencairan harusnya dilakukan jauh jauh hari.

Salah prosedur

Peserta yang menyalahi aturan. Aturan prosedur yang diterapkan harus sesuai thapan dan pelatihan prakerja dengan benar.

Jam kerja

pembenaran data jika sudah dilakukan. Namun kamu baiknya menunggu disaat jam aktif  jam kerja. Hari efektif adalah hari senin sampai jumat. Sabtu dan minggu adalah weekend yang artinya hari libur. Bersabarlah hingga di hari senin.

Kesimpulan pencairan tunjangan kartu prakerja

Dari beberapa masalah yang terjadi diantaranya adalah kesalahan pengguna. Gunakan program ini sebagai wadah yang berguna.

Kamu bisa juga punya kesempatan untuk melatih dirimu untuk bersaing ke luar negri. Ultraedu adalah lembaga pelatihan bahasa yang memberikan kesempatan untuk penempatan kerja dan kuliah di Jerman. Simak selengkapnya

Baca : Pendaftaran Kerja dan Kuliah di Jerman

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *